dr. Firdaus Cahya Saputra [Co-Founder/Staff Branding and Marketing]

 

dr. Firdaus Cahya Saputra

 

“Jangan biarkan setitik keraguan mengahancurkan mimpi besarmu.”

Kebumen, 27 Desember 1993

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2011-2016

firdaustsocr@yahoo.com

 

 

 

 

Yang Terpenting Sebagai Seorang Dokter

Seseorang pernah bertanya, “Menurutmu apa yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang dokter?”

Saat itu beberapa jawaban terucap “skill?… pengalaman?… pengetahuan?” “bukan, bukan itu” katanya. “Ya… itu penting tapi bukan itu yang terpenting. Apa yang penting?”

“Kekhawatiran.”

Itu yang terpenting yang harus dimiliki seorang dokter. Khawatir akan kondisi pasien yang akan tiba-tiba berubah. Khawatir terjadi  hal yang tidak diinginkan. Kekhawatiran itulah yang akan membuat seorang dokter terus belajar, terus menempa kemampuannya, terus dan terus memperbaiki dirinya. Karena dia ingin  setiap pasien yang dia rawat dapat pulang dengan senyuman di bibirnya.

Tentu kamu harus mememiliki kekuatan untuk menghadapi kekhawatiran itu. Bukan malah terhanyut akan ketakutan yang timbul karenanya. Satu hal yang harus kau ingat, saat kau terpuruk dalam langkahmu, kau harus kuat karena kelak akan ada seseorang yang sangat membutuhkanmu. Seseorang yang menggantungkan hidupnya di tanganmu. Kamu harus kuat agar kelak kamu pantas menjadi tempat dimana seseorang menaruh harapannya. Ingat kebahagiaan sebenarnya menjadi seorang dokter bukan dari seberapa banyak yang kau terima dari pasien, namun seberapa banyak tetesan air mata bahagia pasien yang keluar setelah berjumpa denganmu. Marilah kita terus belajar, terus menempa kemampuan kita, dan menjadi dokter yang mampu membuat pasien tersenyum bahagia.