dr. Ibrahim Dharmawan [Founder]

dr Ibrahim Dharmawan

“Setiap baris ilmu yang kita miliki pada saatnya akan menyelamatkan nyawa seseorang”

Pamekasan, 2 Mei 1993

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2011-2016

ibrahimdharmawan@gmail.com

 

Belajar dan Seorang Dokter

Jika anda adalah mahasiswa kedokteran, maka anda mau dan sanggup untuk belajar sepanjang hayat. Tidak hanya dokter, sesungguhnya belajar adalah kewajiban setiap insan yang wajib dia lakukan sejak dalam buaian hingga ke liang lahat. Menjadi makin baik dari hari ke hari adalah makna dari menjadi manusia yang sesungguhnya. Kewajiban ini menjadi semakin terasa bagi seorang dokter mengingat besarnya tanggung jawab yang dipikul.

Belajar adalah suatu kontinuum. Satu pengetahuan akan menjadi pondasi bagi pengetahuan lain, dan pengetahuan itu akan menjadi pondasi pula bagi pengetahuan yang lain. Persiapan menjadi dokter dimulai jauh sebelum anda belajar sebagai mahasiswa kedokteran. Bukan saat menempuh pendidikan preklinik, bukan saat menempuh sekolah menengah atas, tapi sejak kita kecil, sejak karakter kita ditempa oleh lingkungan kita dan apa yang kita hadapi pada tahun-tahun pertama kehidupan.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Belajar adalah kompetisi dengan diri sendiri. Menjadi lebih baik adalah tujuannya. Menebar manfaat adalah hakikatnya.

Demi Indonesia yang lebih baik.